KOMPARTEMEN AKUNTAN PAJAK RESMI TERBENTUK

Kompartemen Akuntan Pajak Ikatan Akuntan Indonesia (IAI KAPj) resmi terbentuk dalam rapat anggota IAI yang berlangsung Kamis, 13 Maret 2014 lalu, Rapat ini secara musyawarah dan mufakat memilih Prof. John Hutagaol sebagai ketua IAI KAPj yang pertama. John saat ini menjabat sebagai Direktut Peraturan Perpajakan II, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan.

Sebagai ketua, Jhon didampingi oleh Wakil Ketua I Dadang Suwarna dan Wakil Ketua II Dr. Ella Mustikasari. Dadang adalah Direktur Pemeriksaan DJP sedangkan Elia merupakan Sekretaris Departemen Akuntansi Universitas Airlangga, Surabaya.

Proses pemilihannya sendiri dipimpin oleh Anggota DPN IAI, Cris Kuntadi, didampingi Direktur Eksekutif IAI, Elly Zarni Husin, sebagai sekretaris. Sebelumnya, ketiga calon itu diajukan oleh peserta sidang dengan dukungan minimal 10 orang anggota untuk masing-masing calon. Sekitar 90 orang anggota utama IAI dari berbagai wilayah terlibat dalam pemilihan ini.

Setelah terbentuk, IAI KAPj diharapkan menjadi organisasi yang dapat mengembangkan kemampuan profesi akuntan pajak yang berkarier dan terlibat di dunia perpajakan Indonesia. Dengan demikian, akuntan diharapkan bisa memberi sumbangsih lebih besar bagi bangsa dan negara, khususnya di sektor perpajakan.

Kompartemen baru ini diharapkan dapat menghasilkan akuntan pajak yang kompeten dan terpecaya. Juga untuk menjadi mediator antara dunia bisnis dan pemerintah sehubungan dengan masalah perpajakan dan berperan aktif dalam memberikan masukan kepada pemerintah dalam membuat peraturan perpajakan.

pembentukan IAI KAPj merupakan program kerja DPN IAI periode 2010-2014. Pembentukannya sejalan dengan MoU yang telah ditandatangani IAI dan Direktorat Jenderal Pajak, beberapa waktu yang lalu. MoU itu ditujukan untuk meningkatkan peran akuntan profesional dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang perpajakan.

Disamping itu, pembentukan kompartemen ini juga selaras dengan terbitnya PMK 25/PMK.01/2014 tentang Akuntan Beregister Negara yang mengamankan IAI sebagai organisasi yang akan menjaga profesionalisme akuntan Indonesia.

Pembentukan IAI KAPj, diyakini akan membuat akuntan profesional sektor perpajakan makin termotivasi untuk berkarya.

Anggota DPN IAI, Maliki Heru Santosa pun menyambutnya dengan antusias. "Bagi saya ini bentuk support IAI kepada negara", katanya. "IAI sebagai organisasi profesi akuntan, akan terus mempersiapkan SDM berupa akuntan profesional yang berpraktik di bidang perpajakan yang menjungjung tinggi standar dan kode etik profesio."

IAI KAPj nantinya akan menjalankan misi meningkatkan kemampuan perpajakan para anggotanya, sehingga dapat menghasilkan akuntan pajak yang kompeten dan terpecaya. IAI KAPj diharapkan membawa angin segar bagi dunia perpajakan Indonesia. Kehadiran KAPj diharapkan mampu menjembatani dan mengatasi berbagai perbedaan yangn selama ini ada antara standar akuntansi dan peraturan perpajakan.

John, pasca pemilihan mengajak seluruh anggota kompartemen untuk bersama-sama membangun perpajakan Indonesia. Ia bersama dua wakil ketua terpilih juga akan segera menyusun program kerja yang akan menjadi fondasi kegiatan IAI KAPj ke depan.

"Fokus kami adalah bagaimana kehadiran KAPJ ini mampu memberikan sumbangsih bagi negara, terlebih tahun depan kita sudah memasuki Pasa Bebas ASEAN," ungkap John. "Kami juga ingin membangun profesi baru di bawah naungan IAI, yakni akuntan beregister negara dengan spesialisasi di bidang perpajakan," tambahnya.